Pemerintah Telah Menetapkan Cuti Bersama dan Libur Nasional 2014

21 - Aug - 2013 14:42 WIB | by: admin (61 klik)
penetapan cuti bersama

JAKARTA – Pemerintah telah menetapkan libur nasional dan cuti bersama untuk tahun 2014. Cuti bersama ditetapkan sesuai dengan surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri yang ditandangani di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat.

SKB itu ditandangani oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abu Bakar, Menteri Agama yang diwakili oleh Sekjen Bahrul Hayat, dan Menteri Tenaga Kerja yang juga diwakili oleh Sekjen Muchtar Luthfi. Penandatangan oleh tiga menteri itu, disaksikan langsung oleh Menko Kesra Agung Laksono.

Menko Kesra Agung Laksono mengatakan total libur untuk tahun depan berjumlah 19 hari dengan rincian libur nasional 14 hari dan cuti bersama 5 hari.

“Pada hari ini dijadwalkan penandatangan SKB untuk libur nasional dan cuti bersama. Ini terlambat karena menunggu usulan dari pekerja agar 1 Mei menjadi hari libur nasional. Ini akan menambah hari libur. Selain itu kita juga menetapkan pemanfaatan cuti bersama untuk PNS selama setahun 12 hari,” kata Agung Laksono, dalam keterangan persnya Rabu (21/8/2013).

Untuk cuti bersama 2014 lebih sedikit dibandingkan tahun 2013. Untuk tahun ini, total libur adalah 19 hari dengan rincian libur nasional 14 hari dan cuti bersama 5 hari. Untuk cuti bersama tahun depan adalah 30-31 Juli dan 1 Agustus untuk hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah dan 26 Desember cuti hari raya Natal.

Selain itu, dari masyarakat diusulkan 29 hari libur nasional bersifat keagamaan seperti Hari Raya Siwaratri, Hari Raya Saraswati I dan II, Hari Raya Pagerwesi I dan II, Hari Raya Qing Ming, Hari Raya Galungan I dan II, Hari Raya Kuningan I dan II, Hari Lahir Nabi Kong Zi 2565 (Zhi Sheng Dan), Hari Duan Yang (Duan Yang Jie).

Cuti merupakan hak bagi pegawai, yang harus dihargai dan dihormati. Dan pemerintah berharap agar penetapan ini dapat menjadi rujukan bagi masyarakat.

“Diharapkan dapat dijadikan pegangan dan meningkatkan,” jelasnya.

Sumber: rri.co.id/Sgd/WDA


Beranda | RSS 2.0 | Kategori: Peristiwa | Tags: Trackback | 0 Comments

Isi Komentar

*
 


©Copyleft 2011 - 2014 by sosialnews.com
Custom & Design: paradesain.net